Cara Alternatif Obati Sakit Gigi Terbukti Ampuh

Cara Alternatif Mengobati Nyeri Sakit Gigi Paling Ampuh by IKJ MI D3 - Mengobati sakit gigi memang gampang-gampang susah. Penyakit yang hampir semua orang pernah mengalaminya khususnya orang dewasa baik itu pria maupun wanita. Pada umumnya yang terkena ialah gigi gusi entah itu bagian kiri, kanan, atas atau bawah. Sakit gigi biasanya muncul secara tiba-tiba tanpa ada gejala-gejala aneh sebelumnya. Dalam hal ini, penulis juga pernah mengalami masalah dengan gigi gusi bengkak, memang sangat mengganggu apalagi kalau sedang makan, mengunyah makanan saja rasanya mau pingsan, sangat-sangat tidak nyaman memang.
Sakit gigi muncul akibat bakteri atau plak yang menempel pada lapisan luar gigi dan membusuk didalam sela-sela gusi yang kemudian dapat memicu berkembangnya ulat gigi. Nah ulat gigi ini lah yang nantinya akan menggerogoti gigi anda hingga menjadi berlubang. Hal ini dapat terjadi karena terdapat beberapa faktor, diantaranya adalah kurang menjaga kebersihan mulut, terlalu banyak makan makanan manis, terlalu sering minum dingin atau panas, dagin yang nyelip di gusi serta santan juga dapat menyebabkan munculnya sakit gigi.

Untuk mengatasinya kami ada beberapa tips alami yang layak anda coba:

5 Cara Alami obati sakit gigi paling ampuh

  • Berkumur dengan racikan sirih
Selain menguatkan gigi, daun sirih juga berfungsi sebagai obat sakit gigi paling manjur dari nenek moyang hingga sekarang. Daun sirih dipercaya mampu membunuh bakteri-bakteri yang bersarang disela-sela gigi. cara menggunakannya ialah sebagai berikut: ambil 15 lembar daun sirih yang masih segar, 2 ruas kunyit kemudian haluskan. Campur dengan sedikit garam dan 2 batang serai lalu rebus jadi satu dengan air secukupnya. Air rebusan bisa anda gunakan untuk berkumur. Lakukan langkah ini saat bangun tidur dan sebelum tidur. Dalam 2-4 hari sakit gigi akan mereda dan hilang.
  • Baking Soda
Banyak yang mengatakan cara ini cukup ampuh dan aman untuk mengatasi sakit gigi. Seperti kita ketahui, baking soda merupakan bahan adonan untuk membuat roti, agar roti yang dihasilkan dapat mengembang. Tapi tenang saja gigi Anda tidak akan mengembang setelah menerapkan cara ini. Caranya cukup mudah, ambil satu gelas air hangat kemudian larutkan baking soda kedalamnya, aduk hingga tercampur rata kemudian pakai untuk berkumur, tetapi jangan diminum. Bila dirasa kurang maksimal, anda dapat mengambil sedikit baking soda di ujung jari kemudian tempelkan di bagian gigi yang sakit. Diamkan 1-2 menit kemudian gunakan air hangat untuk berkumur.
  • Garam dapur + Air hangat
Cara ketiga ialah berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Penelitian menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung pada garam mampu menghambat berkembangnya bakteri dan juga sebagai antiseptik alami untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi. Ambil 2 sendok garam dapur kemudian campurkan ke dalam air hangat, aduk hingga larut. Gunakan untuk berkumur 2 kali sehari pagi dan sore selama 2-4 hari.
  • Daun Teh
Selain aromanya yang wangi, teh juga sangat kaya akan manfaat. Salah satunya ialah pereda sekaligus obat sakit gigi alami. Daun teh yang paling bagus digunakan ialah daun teh peppermint. Disampin rasanya yang khas daun teh ini cukup manjur dalam hal mengobati berbagai macam penyakit khususnya sakit gigi. Jika tidak ada daun teh peppermint bisa menggunakan teh hitam atau teh kotak yang biasa dijual dipasaran. Caranya menggunakannya, seduh daun teh dengan air panas tunggu hingga airnya hangat kemudian pakai air seduhan daun teh untuk berkumur atau diamkan di mulut beberapa saat lalu muntahkan. Daun teh bekas seduhan juga masih bisa anda gunakan untuk meredakan nyeri dengan cara suwir-suwir daunnya kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.
  • Timun
Seperti dilansir dari situs besar dunia yang membahas tentang kesehatan, ternyata timun mengandung bahan alami yang sangat baik untuk mengobati rasa ngilu pada gigi. Kandungan vitamin dan mineral pada buah timun mampu memberikan efek relaksasi pada rasa nyeri. Caranya pun terbilang mudah, iris beberapa potong timun segar kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit diamkan beberapa saat supaya air dalam buah timun meresap. Cara yang bagus ialah dengan memblendernya hingga halus, atau jika tidak punya blender bisa menghaluskan dengan cara menumbuknya sampai halus.

Cara-cara diatas merupakan cara alternatif yang direkomendasikan untuk mengobati saki gigi selain pergi ke dokter. Kebanyakan orang lebih memilih cara yang alami daripada haus mengunjungi dokter. Ada yang cocok tapi ada pula yang susah diobati. Bila anda sudah melakukan berbagai macam obat namun tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk periksakan langsung ke dokter spesialis gigi. Mungkin ada masalah lain pada gigi anda yang tidak mungkin diatasi dengan obat-obatan tradisional.

Selain itu anda juga harus tahu tentang beberapa dampak buruk akibat sakit gigi.

Berikut merupakan bahaya sakit gigi jika tidak segera diobati:

  • Tempramental
Nah, ini sering saya jumpai saat sesorang sedang mengalami sakit gigi. Suka marah-marah tidak jelas karena hormon yang tidak stabil menjadi pemicu seseorang tidak terkontrol dan mudah marah. Sebaiknya hindari adu argumen dengan penderita atau sarankan dia untuk membaca artikel ini.
  • Migrain
Siapa sangka hanya karena sakit gigi bisa menjalar hingga ke kepala, dalam hal ini adalah sakit kepala sebelah atau migrain. Saraf-saraf yang tegang terutama dibagian rahang sampai leher belakang terlalu banyak mendapat tekanan hingga mengakibatkan aliran darah ke kepala menjadi lebih banyak. Nah, hal inilah salah satu penyebab timbulnya sakit kepala sebelah.
  • Pengeroposan gigi yang menjalar
Memang benar adanya, apabila tidak segera diobati, gigi kita sedikit-demi sedikit akan keopos dan hilang kekuatannya. Jika terdapat satu saja lubang digigi jika dibiarkan lama kelamaan bakteri akan menjalar ke bagian yang lainnya. Tentunya ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan timbulnya peradangan hingga tumor.


EmoticonEmoticon