Cara Menutup Buku Tabungan Bank Yang Masih Ada Saldo

Cara Menutup Rekening Bank Yang Masih Ada Saldo by IKJ MI D3 - Bagi Anda yang ingin  menutup buku tabungan baik itu BCA, BRI, BNI, Mandiri atau Bank Daerah, lebih baik pastikan dulu bahwa anda benar-benar tidak akan memulihkan kembali rekening tersebut. Biasanya, pemilik buku tabungan atau sering disebut nasabah, ingin menutup buku tabungannya karena ada alasan tertentu.

Mereka yang menutup buku tabungannya dengan alasan sudah tidak cocok lagi dengan peraturan bank, pelayanan buruk, pajak terlalu tinggi dan kurangnya faktor keamanan atau lainnya. Ingin pindah bank yang lebih baik pelayanannya. Ya, semua orang bebas memilih bank mana tempat mereka ingin menyimpan uang. Tapi sebelum menutup buku tabungan, sebaiknya simak dulu saran yang saya berikan.


  • Minta Tutup Akun ke Bank Bersangkutan
Cara pertama ialah meminta pihak bank untuk menutup buku rekening. Biasanya cara ini terbilang cepat tapi agak berbelit. Pergi ke bank, kemudian antri untuk berbicara kepada customer service yang sedang bertugas. Anda akan diminta menandatangani berkas-berkas dan menyerahkan buku tabungan serta kartu ATM. Apabila masih ada saldo tersisa, pihak bank akan memberikan saldo tabungan tersebut kepada Anda. Tapi biasanya dikenakan potongan administrasi. sekitar Rp 10 ribu. Jika sudah selesai, maka dalam beberapa hari data-data anda akan dihapus oleh pihak bank.
  • Transfer Saldo Hingga Rekening Jadi Nol Rupiah
Walaupun cuma Rp 45 ribu, tapi uang tetaplah uang, kalau orang jawa bilang eman-eman. Sayang kalau  tidak diambil dan dibiarkan hangus. Saldo kurang dari Rp 50 ribu tidak bisa diambil melalui ATM, karena nominal uang paling kecil yang dapat diambil di ATM adalah Rp 50 ribu. Lantas bagaimana caranya?

Triknya ialah transfer saja uang tersebut ke nomor rekening teman/saudara, tapi disarankan transfer sesama bank agar tidak kena pajak. Boleh saja transfer ke bank lain atau antar bank dengan pajak pengiriman antara Rp 5000 s/d Rp 8000, dengan catatan nominal juga harus dikurangi agar saldo dalam rekening habis (nol rupiah).

Jika saldo direkening sudah habis, maka biarkan saja sampai rekening anda hangus atau dihapus oleh pihak bank karena tidak ada debit yang masuk. Biasanya penghapusan nomor rekening secara permanen akan memakan waktu hingga 6 bulan lamanya. Dan apabila data-data Anda sudah terhapus, lalu kemudian hari ingin membuat rekening baru, anda bisa memberikan data-data yang baru pula sama seperti pembuatan rekening awal.

Demikianlah cara singkat tentang bagaimana cara menutup buku tabungan bank yang masih ada saldonya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon