Cara Setting Modem BOLT 4G / LTE di MikroTik

Cara Setting Modem BOLT 4G di MikroTik, kali ini saya coba setting modem BOLT 4G/LTE di MikroTik. Saya akan memfungsikan modem BOLT sebagai WAN / koneksi internet di  mikrotik routerboard.
Alat perang yang saya gunakan :
  • Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90
  • MikroTik RB951Ui-2HnD

Kan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa jadi WiFi akses point untuk sharing internet ke user-user, kenapa harus pakai mikrotik lagi ?

Contoh kali ini kenapa harus pakai mikrotik lagi, sedangkan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa untuk sharing koneksi internet adalah :
  • Koneksi akses wifi client cuma bisa 8 koneksi, dengan wifi mikrotik bisa lebih dari 8 client.
  • Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 tidak bisa bandwidth management, dengan mikrotik kita bisa melakukan pengaturan badwidth user & atur akses terbatas dalam penggunaan internet. Dengan iming2 speed 10x lebih cepat dari modem 3G/CDMA, bisa dibayangkan quota anda seboros apa.
  • Selebihnya anda bisa setting koneksi LAN mikrotik anda bagaimana yang biasa Anda harapkan.
Karena Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah built in WiFi akses point, di web GUInya tidak ada untuk disable WiFinya. Kalau saya hanya menyembunyikan nama WiFi / SSID di settingan modem BOLTnya di WiFi Setting > Basic SettingBroadcast Network Name (SSID) set Disable.
modem_bolt_mikrotik
Saya memanfaatkan port USB yang tersedia di MikroTik RB951Ui-2HnD, bisa diaplikasikan dengan type routerboard lainnya yang mempunyai port USB. Setelah anda colok Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 di port USB routerboard Anda. Lihat pada menu  di winbox System > ResourcesUSB akan terlihat driver modem BOLT anda terdeteksi oleh mikrotik. Kemudian pada menu winbox Interfaces akan muncul 1 interface dengan nama “lte”. Untuk yang saya sebutkan barusan anda tidak perlu melakukan setting apa-apa.
modem_bolt_mikrotik
Modem BOLT 4G/LTE Di Mikrotik
Yang anda lakukan hanya lah menjadikan mikrotik client DHCP dari modem MiFi BOLT anda, caranya masuk winbox klik menu IP > DHCP-Client > klik “+” > pada kolom “Interface” pilih “lte” kemudian klik OK. Pada menu IP > Addresses akan muncul IP address yang diberikan oleh modem bolt dan di IP > Routes akan muncul default gateway ke IP default Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 yaitu 192.168.1.1
modem_bolt_mikrotik_2
Modem BOLT 4G/LTE Di Mikrotik


ditulis maulana fasha
sumber http://adamonline.web.id/mikrotik/modem-bolt-4g-lte-di-mikrotik

Post a Comment

Previous Post Next Post