VGA
Ini merupakan postingan ketiga saya diblog tugas ini yang berjudul Tips Memilih VGA Untuk Bermain Game. Pertamakali saya merakit PC, saya tidak memperhatikan apa saja spesifikasi VGA yang saya ingin beli. Saya hanya menyebutkan VGAnya 512 Mb tanpa tahu merek dan spesifikasinya. Alhasil PC saya tidak bisa digunakan untuk bermain game high end, Video editor, Photo editor, grafik 3D 0r 2D editor, dll. Setelah saya cari tahu kesana-kesini ternyata masalahnya ada di VGA Cardnya. VGA yang saya bahas adalah, Graphic Card Add on / tambahan yang menggunakan colokan PCIe (PCI Ekspress).

Disini saya akan berbagi Tips memilih VGA yang bagus untuk merakit PC game. Berikut adalah apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih VGA.

GPU Apa itu GPU? Yang pasti bukan "Gosok, Pijit, Urut ya!" hehehe. GPU adalah Graphic Processing Unit. Kalau di Komputer itu processor/otak dari sebuah graphic card. Jadi, Graphic Card Add On itu memiliki Processor sendiri sehingga kinerja processor utama akan berkurang. Untuk saat ini hanya ada dua GPU yang bagus, yaitu Nvidia dan Ati Radeon. GPU memiliki tingkat kecepatan yang lebih dikenal dengan istilah Core. Jadi, semakin besar Core sebuah GPU semakin baik. Contoh GTX 550 Cuda Core 980 Mhz, Core Speed ...Mhz, Bost Speed ... Mhz.

Core Speed
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Lihat juga berapa core speed / cuda core maksimum yang dapat dihasilkan oleh GPU pada Graphic Card. Semakin besar core speed yang mampu dicapai, semakin bagus VGA tersebut. Selain core speed, ada juga mode bost speed.

KAPASITAS MEMORY
Contoh spesifikasi VGA dengan memory 512 Mb, 1 Gb, 2 Gb sampai 12 Gb GTX Titan Z. Fungsi dari memory dalam VGA mirip dengan fungsi RAM pada Komputer. Artinya menyimpnan sementara data yang telah di olah oleh GPU dan kemudian di transfer ke RAMDAC. Kemudian RAMDAC akan mengirimkan hasilnya ke monitor melalui kabel VGA, DVI dan HDMI.

INTEFACE
Interface atau yang lebih kenal dengan istilah DDR. DDR adalah kecepatan akses data VGA. Semakin tinggi tipe interface atau DDR maka semakin tinggi pula kecepatan aksesnya. Contoh DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, dan DDR5. Untuk sekarang ini tipe DDR yang paling baru adalah DDR5. Jadi pilihlah Graphic Card yang menggunakan tipe interface DDR5.

JALUR DATA
Spesifikasi VGA dengan jalur data 128 bit. Maksudnya semakin besar jalur data maka semakin cepat pula data yang bisa di akses. Semakin besar jalan maka semakin banyak mobil yang dapat lewat, begitu kira-kira gambarannya. Contoh 32bit, 64bit, 128bit, 256bit, 512bit, dst. Biasanya semakin besar Jalur data semakin besar pula Memori dan tipe interface Graphic Card.

PORT KELUAR VGA
Port VGA merupakan tempat colokan VGA ke monitor ada 3 buah jenis port VGA, yaitu : D-Sub, DVI dan HDMI. Port Graphic Card paling baru dan paling bagus adalah HDMI. D-sub adalah port yang masih digunakan pada monitor CRT. sedangkan port DVI dan HDMI biasanya digunakan untuk monitor LCD/LED High Definition. Beberapa VGA terbaru sudah suport lebih dari 1 monitor sekaligus.


DirectX
DirectX merupakan sound effect untuk game high end. Game-game lama biasanya masing menggunakan DirectX 9, untuk sekarang ini kebanyakan VGA terbaru sudah mendukung DirectX yang lebih tinggi, yaitu DirectX 10 dan DirectX 11.

SLI & CROSSFIRE
Jangan sampai salah membeli motherboard dan VGA, tidak semua mobo yang memiliki 2 buah PCIe support SLI (Nvidia) dan Crossfire (ATI Radeon) sekaligus. Ada mobo yang hanya support salah satu contohnya ASRock H97 Fatality ini yang hanya support Crossfire. Tetapi jika hanya menggunakan 1 buah VGA Nvidia masih bisa. Jadi baca terlebih dahulu spesifikasi mobo yang akan anda beli, jika anda hanya menggunakan 1 buah VGA cukup lihat saja apakah mobo tersebut memiliki PCIe.

Nama Penulis: Rofi Firdaus

7 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post