I K J 48 - Spesifikasi komputer tentu sangat berpengaruh untuk penggunaan komputer itu sendiri. Salah satunya jika kita hobi bermain game, entah itu game online atau pun offline. Dari hobi seperti ini juga bisa menjadi ide bisnis tersendiri, mungkin jika anda ingin membuat usaha game online (saya juga kepingin) ada beberapa poin yang harus di perhatikan untuk spesifikasi PC / komputer nya. Supaya harga tidak terlalu tinggi maka di pilihlah poin penting dalam menentukan Spesifikasi Minimum Komputer untuk Game, tentu dengan harga yang ramah dengan budget kita.


Processor

Prosesor minimal 2.5 MHz Intel Dual Core atau AMD Athlon/Phenom X2 unlock to X3. Lebih tinggi sangat di anjurkan demi kenyamanan bermain game. 

Motherboard

Untuk mewakili Motherboard ekonomis, saya anjurkan untuk menggunakan ECS motherboard. Harga yang terjangkau dan performanya yang selama ini cukup konsisten membuat saya memilihnya sebagai acuan dalam postingan ini.AMD Llano ECS A75F-M2 adalah board paling murah yang bisa diperoleh saat ini. Sementara untuk platform AMD AM3, saya memilih ECS A880LM-M (chipset AMD760). Di sisi Intel, saya anjurkan untuk menggunakan chipset H61 (ECS H61H2-M2) yang harganya sangat terjangkau. 

RAM

Untuk RAM saya anjurkan untuk menggunakan RAM 2 GB DDR3. Ukuran 2 GB memang tergolong pas-pasan. Akan tetapi, ini adalah kapasitas yang kerap digunakan dan masih mencukupi untuk menjalankan beragam game 3D terkini. 

HardDisk

Kapasitas 500 GB memang tidak bisa dianggap besar. Akan tetapi, mengingat limitasi dana yang tersedia, saya anjurkan untuk menggunakannya. Kapasitas 500 GB sudah cukup besar untuk instalasi beberapa game terkini. Pastikan saja bahwa Anda memilih jenis hard disk yang mengutamakan performa, bukan konsumsi daya, karena hard disk yang cenderung mengutamakan konsumsi daya rendah akan memberikan performa rendah (loading game menjadi lambat).

VGA card

Untuk sistem tanpa VGA terintegrasi, saya menggunakan acuan NVIDIA GeForce GT430. Beragam fitur khas NVIDIA bisa dimanfaatkan dari VGA ini. Dukungan driver yang baik pun menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, tentu saja, harganya yang berkisar Rp600.000 membuatnya pas untuk sistem ini. Tentu saja, sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan pilihan lain seperti AMD Radeon 5570 yang memiliki performa serupa dengan NVIDIA GeForce GT430.

Heatsink / Cooler

Ini juga sangat penting, bermain game dengan mengetik pastinya sangat berbeda. Saat bermain game prosesor akan panas sekali bahkan bisa over. Untuk mengatasi masalah tersebut maka anda harus menggunakan pendingin modif, jangan menggunakan pendingin bawaan terutama bagi prosesor AMD.

Beberapa point di atas status nya adalah Spesifikasi Minimum Komputer untuk Game jika kamu ingin mengganti dengan spek yang lebih tinggi lagi itu lebih baik. Jika anda adalah seorang gamer tentu tahu tentang penting nya spesifikasi komputer yang kita gunakan untuk main game.

Semoga bermanfaat.. Happy Gaming !

Ditulis oleh : IMAM WAHYU PRASETIO , 7 OKTOBER 2014

Post a Comment

Previous Post Next Post