Cara Setting Video Shared Memory (VRAM).
 
I K J 48 - Selamat malam sobat IKJ MI D3. Ini postingan PERTAMAXXX saya di ikjmid3 grop juga sebagai tugas kelompok Instalasi Komputer dan Jaringan. okeh. 
Komputer menggunakan memori video VRAM (Video RAM) untuk menghasilkan dan menampilkan grafik 3D pada monitor komputer. Memori video merupakan RAM (Random Access Memory) yang menggunakan data biner yang dibutuhkan untuk menampilkan grafis 3D.
Modul Pengolah Grafis - VGA

Modul Pengolah Grafis dibangun di dalam motherboard (jenis On-board), atau di dalam sebuah modul add-on yaitu kartu grafis atau biasa disebut VGA-card.

Tergantung pada kemampuan grafis 3D on-board, komputer bisa jadi harus "meminjam" RAM memory utama untuk memenuhi kebutuhan memori video (VRAM). Hal ini menciptakan kebutuhan memori bersama (share), dimana RAM komputer akan dibagi antara CPU (Central Processing Unit) dan chip grafis (GPU- Graphics Processor Unit).

Memory Shared untuk VGA ini (biasanya) dapat di-konfigurasi dari dalam salah satu menu BIOS. Ada beberapa metode sharing memory yang diterapkan oleh produsen motherboard, tentang hal ini ada dalam artikel saya sebelumnya - "Video RAM". Beberapa merek laptop tidak menyediakan setting shared memory (VRAM) di dalam BIOS nya, jika memang demikian silahkan Anda mengacu pada manual-book laptop ybs.
Cara Konfigurasi Shared Memory
  1. Start komputer dan masuk ke BIOS Setup. Untuk melakukan ini dengan menekan tombol keyboard (biasanya DELL atau F2 dll) yang sesuai selama proses Boot atau POST.
  2. Setelah masuk di dalam BIOS setup, pilih menu Integrated Peripherals atau Advanced. Menu bisa berbeda pada setiap BIOS.
  3. Pengaturan (setting) VRAM hanya dapat dilakukan dari BIOS. Jika di dalam BIOS tidak ada menu setting VRAM, maka VRAM tidak mungkin lagi diubah kapasitasnya. Hanya ada satu solusi, yaitu update BIOS, inipun jika tersedia update untuk pembaruan firmware (menu BIOS). Periksa di official-site produsen motherboard atau PC anda.
  4. Dalam menu Integrated Peripherals atau Advanced, pilih sub-menu (istilah bisa berbeda-beda) misalnya aperture AGP, Shared memory, VGA Shared, Frame Buffer, DVMT (board Intel), UMA Frame Buffer dll. Intinya ambil menu tentang VGA (Display memory).
  5. Di bawah pilihan ini, kita dapat memilih alokasi jumlah (MB=Mega Byte) tertentu dari RAM-sistem untuk keperluan memori video VRAM (shared memory). Umumnya, dapat dipilih untuk meng-alokasikan nilai mulai dari 8MB ke 64MB RAM atau (dalam motherboard keluaran baru) kadang bisa sampai 512MB. Tetapi hal ini juga tergantung jumlah memori (RAM) terpasang, dan juga OS yang digunakan.
  6. Selanjutnya simpan (save) setting BIOS yang baru dilakukan dan keluar dari BIOS. 
  7. Penting untuk diperhatikan : bahwa meningkatkan VRAM-shared bisa berakibat menurunnya kapasitas Usable RAM sistem.



Tips
  • Menggunakan memory shared secara tepat tidak akan menurunkan kecepatan kinerja PC. Akan tetapi memasang sebuah kartu grafis (VGA Card) adalah cara lebih efisien untuk melengkapi PC dengan kemampuan grafis 3D. Hal ini karena kartu grafis memiliki RAM dan prosesor (GPU) sendiri, yang benar-benar terpisah dari PC Anda, dan memiliki fitur-fitur 3D yang lebih lengkap.
  • Berhati-hatilah dalam menentukan jumlah RAM yang akan di-shared untuk VRAM. Bila RAM yang di Share terlalu besar, bisa jadi komputer tidak akan bisa loading karena CPU kehabisan Usable RAM.
  • Untuk pengguna Win7. Dalam beberapa kasus (tidak selalu), dengan menggunakan vga driver XP bisa menaikkan angka VRAM.
  • Sebagai patokan, jika PC menggunakan sistem operasi Windows XP harus dipastikan ada “sisa RAM” setidaknya 256MB yang tersedia untuk CPU Anda. Untuk Windows 7 atau Vista, CPU Anda akan memerlukan minimal 512MB RAM, hanya agar Windows berjalan normal. Tentu saja tersedia RAM lebih besar akan lebih baik lagi.
Berikut mengenai Cara Share Memori RAM ke VGA Onboard, semoga postingan yang pertama saya buat ini bermanfaat. 



Ditulis oleh : IMAM WAHYU PRASETIO , 26 SEPTEMBER 2014
Sumber

7 Comments

  1. Gan, ko di bios laptop asus ane ngga ada. Apa harus update bios?

    ReplyDelete
  2. gan saya mau nanya kalo ganti ram ntar shared ram lagi gak atau ngak

    ReplyDelete
  3. Laptop dell inspiron n4030 gk ad y di menu bios?? harus update ios y?

    ReplyDelete
  4. bro leptop gw HP Envy isiny AMD Fx 7th GEN RAM 8GB tpi Dedicated VRAM nya cmn kebaca sekitar 400an MB nah klo gw naikin jadi 1GB kira2 RAM asliny ngurang ga? misal dari 8gb jadi 1gb?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post